This blog contains a portfolio of our work and also a variety of stories that accompany our journey in making the work .. Essentially, all the stories about my journey of photography is here ..


Thank you for visiting .. ;)

30 September 2010

Lebih Baik Original atau Editan..??

Ada temenku dari Bali namanya Mitha tanya sama saya ;

"kakakk ..
hasil karya seseorang itu lebih baik asli apa editan ?"

kalau saya boleh berpendapat, saya akan menjawab ;
"Tergantung .
Kalau ini bicara soal fotografi, aku pikir karya yang 'penuh' olah digital tanpa memperhatikan seni dari fotografi itu sendiri lah yang kurang baik .
Karena disini kita bicara "photos" dan "graphé", yaitu cahaya dan gambar .
Tidak ada software digital di sini .
Jadi bisa disimpulkan, fotografi sama saja menggambar dengan cahaya . Dan apa yang ingin kita gambar yaitu bergantung dengan bagaimana kombinasi pengaturan kamera supaya dapat menghasilkan gambar yang kita inginkan .
Bukan bergantung dengan olah digital tanpa memperhatikan pengaturan kamera, pengaturan angle dan pengaturan komposisi . Karena dari situlah penilaian estetika karya foto ..
Jika karya editan yang bisa dikatakan "asal jepret" seperti itu, jelas saya berpendapat itu tidak pantas disebut karya fotografi lagi .
Walaupun, yang namanya fotografi digital memang tidak bisa lepas dari software digital .
Apalagi jika kita menggunakan format RAW pada saat memotret . Otomatis kita harus bermain dengan software pengolah file tersebut . Karena file RAW adalah file mentah yang bisa kita samakan dengan film pada kamera analog .
Sehingga masih diperlukan pengolahan lebih lanjut di software digital, semacam Adobe Camera RAW, dll.
Tetapi sebaik-baik karya foto digital adalah foto yang saat pemotretannya tetap memperhatikan pengaturan kamera, angle dan komposisi .
Olah digital hanya jika diperlukan untuk menambah kesan saja (misal : foto tua, foto dengan efek tertentu untuk memberikan kesan berbeda, dll.) .
Tetapi berbeda dengan karya digital imaging .
Jika digital imaging, tujuan dan teknisnya sudah jelas berbeda dengan fotografi .
Digital imaging adalah penggabungan beberapa gambar yang berasal dari karya fotografi yang tujuannya menjadikan suatu gambar menjadi bersifat Imajinatif .
Bukan realistis seperti fotografi ..

Jadi menurut saya,,
karya yang sudah tersentuh olah digital pun, jika saat pemotretan tetap memperhatikan pengaturan kamera, pengaturan angle dan pengaturan komposisi, dan dari ketiga pengaturan itulah yang membuat foto itu indah,
itulah karya fotografi yang baik ."

 Sekian . Itulah pendapat saya dari sudut pandang saya..
Maaf jika ada yang kurang berkenan . Terima kasih :)


-Bachtiar Firgiawan Wahono-

(Sorry, this post is only in Indonesian .)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar